Sabtu, 26 Mei 2012

INKAI INDONESIA

Anda ingin mempelajari Karate-Do Inkai? Itu bukan hal yang sulit, tetapi juga bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang siap dan memadai. Fisik dan mental akan terbentuk ketika kita mempelajari Karate secara baik dan benar, karena itulah tujuan Karate-Do. Pengenalan dan proses adaptasi fisik dan mental akan terjadi secara alami, karena tehnik Karate diciptakan sesuai dengan batas - batas kelenturan manusia.


Pembentukan mental akan diarahkan melalui filosofi yang terkandung dalam ajaran Karate-Do, penekanan pada semangat akan sangat bernilai kepada pembentukan kepribadian seorang Karateka, didalam jiwa yang penuh semangat tidak ada yang tidak mungkin tercapai, itulah Karate-Do.

PAKAIAN KARATE
Pakaian Karate dalam istilah Karate ( Jepang ) disebut “DOGI”. Pakaian Karate didesign seperti “Kimono” ( pakaian tradisional Jepang ). Terbuat dari bahan yang beragam yang memiliki kekuatan
berbeda pula. Warna dasar pakaian resmi Karate adalah putih. Terdiri dari 2 ( dua ) bagian, yaitu baju dan celana.


CARA MEMAKAI SABUK
Cara memakai sabuk merupakan hal yang tidak boleh dipandang kecil. Penampilan seorang Karateka dapat mempresentasikan tingkat penguasaan terhadap ilmu Karate yang dia pelajari. Menggunakan Sabuk Karate dengan baik merupakan tanda bahwa seorang Karateka memiliki semangat yang tinggi dan penghormatan yang tinggi terhadap ilmu Karate itu sendiri.


SALAM KARATE
Etika dalam bersosialisasi disegala lingkungan adalah mengucapkan salam dengan sesama Karateka. Begitu pula dalam Karate. Salam merupakan hal yang sangat penting, karena disinilah letak arti filosofi terdalam, kerendahan hati dan semangat untuk terus belajar. Dengan mengucapkan salam berarti kita telah menghormati sesama Karateka. Lafal salam Karate adalah “OSH”, yang merupakan kependekan dari kata OSHINABU yang berarti pantang menyerah. Sikap dalam mengucapkan salam adalah sikap siap sempurna dan membungkukkan badan pada saat mengucapkan kata “OSH”.

KOHEI, SENPEI DAN SENSEI
Kohei adalah adik seperguruan, atau yang memiliki tingkat yang lebih rendah. Senpei adalah kakak seperguruan, atau yang memiliki tingkat yang lebih tinggi. Sensei adalah guru / instruktur, atau yang memiliki tingkat Dan-III keatas. Di antara ketiga tingkatan ini memiliki hirearki untuk saling menghormati dan mengucapkan salam.

SUMPAH KARATE
Sumpah Karate adalah ikrar seorang Karareta ketika dia mempelajari Karate. Sumpah Karate tidak hanya berlaku ketika diucapkan di Dojo tetapi juga dalam kehidupan sehari - hari.

SANGGUP MEMELIHARA KEPRIBADIAN
SANGGUP PATUH PADA KEJUJURAN
SANGGUP MEMPERTINGGI PRESTASI
SANGGUP MENJAGA SOPAN SANTUN
SANGGUP MENGUASAI DIRI

TEMPAT LATIHAN
Tempat Latihan dalam Karate disebut “DOJO”, kata ini berasal dari bahasa Jepang yang berarti tempat berlatih.


UPACARA KARATE
Sebelum dan sesudah latihan Karate dilakukan upacara Karate yang dipimpin oleh Karateka tingkat tertinggi yang mengikuti latihan pada saat itu. Para Karateka membentuk sebuah barisan sesuai dengan tingkatannya. Dimulai dari yang paling tinggi disebelah kiri hingga yang paling rendah disebelah kanan. Sensei / instruktur yang bertugas pada saat itu akan berdiri di depan barisan. Ada dua versi upacara Karate ini, ada yang dilakukan berdiri dan yang dilakukan dengan cara duduk. Masing - masing cara digunakan pada kondisi yang berbeda.

TINGKATAN DALAM KARATE
Hierarki Karate merupakan tingkatan pada organisasi Karate.

Sabuk Putih Kyu 10 - 9
Sabuk Kuning Kyu 8 - 7
Sabuk Hijau Kyu 7 - 6
Sabuk Biru Kyu 5 - 4
Sabuk Coklat Kyu 3 - 1

Shodan Dan I
Nidan Dan II
Sandan Dan III
Yondan Dan IV
Godan Dan V
…….. Dan VI
…….. Dan VII
…….. Dan VIII
…….. Dan IX
…….. Dan X


MOTTO
“ Kekuatan dipergunakan sebagai pilihan terakhir, dimana kemanusiaan dan keadilan tidak dapat mengatasi. Tetapi apabila kepalan dipergunakan dengan bebas tanpa pertimbangan, maka yang melakukan akan kehilangan harga diri dihadapan orang lain”.
By Gichin Funakoshi

KARATE-DO
“Memutuskan siapa yang menang dan siapa yang kalah bukanlah tujuan akhir dari Karate-Do. Karate-Do adalah seni perkasa untuk membina kepribadian melalui latihan, sehingga Karateka dapat mengatasi setiap tantangan nyata maupun tidak nyata”.

By Unknown with 1 comment

1 komentar:

Osh.salam kenal dari Inkai Cianjur...
sukses selalu dan selamat berjuang...
Osh!

Posting Komentar